Rumah Adat Sulawesi Tenggara


.

Rumah Adat Sulawesi Tenggara, Keindahan yang Tak Terlupakan

Rumah adat Sulawesi Tenggara (SET) adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang patut untuk diapresiasi. Keindahan dan ciri khasnya pun tak terlupakan. Setiap daerah di SET punya rumah adat yang berbeda-beda. Tak heran jika warisan budaya SET punya daya tarik tersendiri. Berikut ini adalah 3 rumah adat Sulawesi Tenggara yang layak anda kunjungi.

Rumah Tetebatu

Rumah adat tetebatu terletak di daerah Kabupaten Sumba Tengah, Sumba. Rumah adat ini punya arsitektur yang unik. Lantai rumahnya yang bercorak dan dihiasi dengan motif dan warna yang menarik. Rumah tetebatu punya dua tingkat. Di tingkat pertama ada ruang utama dan ruang teras. Di tingkat kedua ada ruang tambahan. Rumah tetebatu juga punya atap yang tinggi dan runcing.

Rumah Tambu

Rumah tambu adalah salah satu rumah adat Sulawesi Tenggara yang dipengaruhi oleh budaya Sumba. Rumah tambu punya struktur yang unik. Berbeda dengan rumah lain, rumah tambu punya dua lantai. Ruangan di lantai pertama berfungsi sebagai ruang tamu. Di lantai kedua biasanya ada ruang tidur dan ruang tambahan. Selain itu, rumah tambu juga punya atap yang tinggi dan runcing.

Rumah Uma

Rumah Uma merupakan rumah adat yang banyak ditemukan di daerah Sumba Barat Daya. Rumah adat ini punya struktur yang unik. Berbeda dengan rumah lain, rumah Uma punya tiga lantai. Di lantai pertama ada ruang utama dan ruang teras. Di lantai kedua ada ruang tambahan. Di lantai ketiga ada ruang tidur. Selain itu, rumah Uma juga punya atap yang tinggi dan runcing.

Itulah tadi 3 rumah adat Sulawesi Tenggara yang patut untuk dikunjungi. Masih banyak rumah adat lainnya yang layak untuk dikunjungi. Jika anda ingin menikmati lebih banyak keindahan dari rumah adat Sulawesi Tenggara, jadikanlah kunjungan anda ke SET sebagai kesempatan yang tak boleh disia-siakan.

Tags: Rumah adat Sulawesi Tenggara, Rumah Tetebatu, Rumah Tambu, Rumah Uma, Kebudayaan SET, Wisata Sulawesi Tenggara, Warisan Budaya Indonesia.

Search Suggestion: Rumah Adat Sulawesi Tenggara, Rumah Adat SET, Rumah Adat Sumba, Rumah Adat Sumba Tengah, Rumah Adat Sumba Barat Daya.

SOLUSI KREATIF ARSITEKTUR RUMAHRUMAH ADAT DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA
SOLUSI KREATIF ARSITEKTUR RUMAHRUMAH ADAT DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA from muslimin-file-arsitektur.blogspot.com

Posting Komentar untuk "Rumah Adat Sulawesi Tenggara"